Polres Padang Pariaman lakukan Pengamanan Aksi Ujuk Rasa Damai di PLTA Singkarak Korong Asam Pulau



Padang Pariaman — Fbinews

Polres Padang Pariaman melaksanakan Kegiatan Pengamanan Unjuk Rasa Damai Dari masyarakat Korong Asam Pulau kepada PLTA Singkarak di kantor Unit PLTA Korong Asam Pulau Nagari Anduring Kec. 2×11 Kayu Tanam, Selasa (3/2/2023) pukul 08.00 wib.


Dalam Kegiatan tersebut Polres Padang Pariaman menurunkan kekuatan sebanyak 150 personil, yang dipimpin oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP M. Qori Oktohandoko, SH. S.I.K., M.H, didampingi oleh Kabag Ops Kompol Muzhendra, SH. MH bersama, Kasat Intelkam Polres Padang Pariaman Iptu Nirdes Ali, S.H., Kasat Binmas Polres Padang Pariaman AKP Zamzami., Kapolsek 2X11 Enam Lingkung Iptu Feri Yuzaldi, S.H., Kasat Samapta Polres Padang Pariaman Iptu Syahbuddin., Kasi Propam Polres Padang Pariaman Iptu Sunafri., Perwira dan Bintara Polres Padang Pariaman yang terlibat dalam surat perintah pengamanan aksi.


Dalam Unras tersebut Sekira pukul 09.30 Wib, masa aksi damai dari masyarakat Asam Pulau tiba di depan pintu gerbang PLTA Asam Pulau dan langsung melakukan aksi dengan menyampaikan beberapa tuntutan kepada pihak PLTA Singkarak Asam Pulau, dengan jumlah masa aksi lebih kurang sebanyak 80 (delapan puluh) orang.


Adapun beberapa tuntutan dari peserta aksi damai diantaranya :


1). Kembalikan Air Batang Buluah Kepada Masyarakat Korong Asam Pulau, karna air tersebut untuk mengairi sawah warga.

2). Subsidi Listrik untuk masyarakat Nagari Anduriang dan Listrik gratis untuk Pasilitas Umum.

3). Pengamanan untuk Lahan Masyarakat Korong Asam Pulau.

4). Pekerjaan yang bersifat Non Struktural harus dikerjakan oleh masvarakat sekitar Lingkungan Ring 1.

5). Penerimaan Karyawan harus Mengutamakan Masyarakat Setempat.


Sekira pukul 09.50 Wib perwakilan dari pihak PLTA Singkarak Asam Pulau menemui peserta aksi di depan pagar akses masuk PLTA Asam Pulau untuk menerima aspirasi dari masyarakat Asam Pulau, diantaranya :


1. Manager Bagian Operasi UPDK Bukittinggi Darmansyah

2. Manajer Bagian Keuangan dan Umum UPDK Bukittinggi Rino.


Adapun jawaban dari pihak PLN terkait menanggapi tuntutan masyarakat tersebut :


1. Untuk Batang air intek buluh untuk sementara ditutup dan terkait irigasi sudah direncanakan pada tahun 2023 akan dibangun oleh Pemda Kab. Padang Pariaman.


2. Pemberian subsidi listrik bukan kebijakan PLTA Singkarak akan tetapi kebijakan pemerintah sesuai dengan peraturan yang ada.


3. Kami akan menganggarkan terkait pengamanan Lahan Masyarakat untuk membangun pandai / baronjong pinggir sungai.


4. Pekerjaan yang ada di seputaran PLTA Singkarak harus sesuai prosedur dan ketentuan pengambilan kerja di BUMN atau lelang pengerjaan.


5. Terkait penerimaan Karyawan PLN, PLTA Singkarak akan memberikan informasi apabila ada perekrutan karyawan PLN dan akan memberikan bimbingan belajar gratis bagi pemuda atau pemudi Asam Pulau yang akan mengikuti seleksi karyawan PLN.


Berdasarkan jawaban dari pihak PLTA tersebut masyarakat Asam Pulau merasa tidak puas dan akan melakukan beberapa tindakan, diantaranya :

1. Mulai hari Senin tanggal 9 Januari 2023 pihak PLTA tidak boleh melintasi jalan di Asam Pulau untuk menuju PLTA Singkarak.

2. Masyarakat Asam Pulau akan melakukan aksi ke UNIT PLN Bukittinggi.

3. Meminta pihak PLTA menyampaikan tuntutan masyarakat tersebut ke Kementerian BUMN.


Kegiatan tersebut berlangsung, dari awal hingga selesai pukul 11.00 wib dengan aman dan lancar.


Kapolres Padang Pariaman AKBP M. Qori Oktohandoko, SH. S.I.K., M.H, melalui Kasihumas AKP Ali Gusra mengatakan kegiatan pengamanan tersebut dilakukan oleh Polres Padang Pariaman untuk menjaga stabilitas Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, tuturnya.


Serta menjamin keselamatan baik itu barang atau kantor maupun orang atau pengunjuk rasa itu sendiri aman dari awal hingga selesai kegiatan ungkapnya

** 

 Advertisement Here
 Advertisement Here

Berita Utama

https://www.fbipost.net/search?q=pileg

Berita Pilihan

ShowBiz

Bisnis

Asian Games 2018

Topik Populer

CPNS 2018

FBIPOST

FBIPOST
FBIPOST

Menu Bawah

Advertisement

 Advertisement Here

Populer

Follow Us