Kirab Kesenian Tradisional Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Magelang



KOTA MAGELANG – FBIPOST 

Peringatan Cap Go Meh di Kota Magelang berlangsung meriah dengan kegiatan kirab beragam kesenian tradisional.

Turut hadir Wakil Wali Kota Magelang, Gubernur Akmil, Kapolres Magelang Kota, Dandim 0705/Magelang, Sekda Kota Magelang, dan tokoh lintas agama.

Wali Kota Magelang Nur Aziz mengatakan, perayaan Cap Go Meh merupakan wujud toleransi masyarakat yang harus dipertahankan.

“Warga Magelang harus belajar banyak tentang toleransi, dan kita harus mempertahankan bahwa Kota Magelang ini menjadi rumah bersama, yaitu toleransi,” kata Aziz, Minggu (5/2/2023).

Cap Go Meh diadakan oleh umat Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang yang melibatkan sekitar 20 kelompok kesenian tradisional. Kirab dimulai dari depan Kelenteng menuju Jalan Pemuda (Pecinan) hingga Kawasan Shopping Center.

Aziz melanjutkan, toleransi akan kebebasan antarmanusia. Di hadapan Tuhan manusia yang paling mulia adalah yang banyak menebar kebaikan.

“Kita ini sejajar tidak ada yang lebih tinggi, tidak ada yang lebih rendah, tidak ada mayoritas dan tidak ada minoritas, sama semua. Di hadapan Tuhan yang paling mulia adalah banyak kebaikan,” tandas Aziz.

Aziz mengapresiasi kirab Cap Go Meh tahun ini karena melibatkan beragam kesenian tradisional, khususnya Jawa, meski diadakan oleh warga keturuan Tionghoa. Ditambah penampilan drumband dari Akademi Militer Magelang.

“Tidak hanya barongsai yang ditampilkan, tapi budaya lokal bisa ditampilkan. Kemudahan-mudahan ke depan akan ditampilkan seperti itu, sehingga masyarakat bisa terhibur,” imbuhnya.

Penasihat TITD Liong Hok Bio David Herman Jaya mengatakan, kegiatan ini melibatkan kesenian tradisional sebagai wujud kebersamaan. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang diadakan sekitar sepekan setelah Tahun Baru Imlek.

“Kegiatan ini sudah berjalan tiap tahun, merupakan kebersamaan budaya, Bhinneka Tunggal Ika, kita harus bersama dengan budaya lokal,” ujar David.

Setelah kirab, ada pembagian sekitar 3.000 porsi lontong Cap Go Meh kepada masyarakat secara gratis. Lontong Cap Go Meh adalah budaya Tionghoa yang ada di Indonesia.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here

Berita Utama

https://www.fbipost.net/search?q=pileg

Berita Pilihan

ShowBiz

Bisnis

Asian Games 2018

Topik Populer

CPNS 2018

FBIPOST

FBIPOST
FBIPOST

Menu Bawah

Advertisement

 Advertisement Here

Populer

Follow Us