Keraton Kesultanan Ternate Beri Gelar Jenderal Bintang 4

 


Ternate – FBIPOST 

Diberi gelar kehormatan sebagai Sangaji Ori Ma Ahi Malamo atau penguasa laut besar oleh Kesultanan Ternate kepada Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL), Laksamana TNI Yudo Margono, Jumat (25/11/2022).

Bertempat dalam keraton Ternate,
Penganugerahan gelar kehormatan itu diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-45 Hidayat Mudafar Sjah kepada Laksamana TNI Yudo Margono.



Dikatakan Sultan Ternate, gelar sangaji yang diberikan ini berarti penguasa tertinggi dari Angkatan Laut dan diakhir adalah Malamo yang berarti besar.

“Arti dari gelar ini adalah penguasa yang menguasai lautan terbesar, atau Sangaji Ori Ma Ahi Malamo,” jelas Sultan Ternate.

Ditempat yang sama, KASAL Laksamana TNI Yudo Margono setelah menerima penganugerahan menuturkan, gelar dari kesultanan Ternate ini merupakan satu penghormatan dari Sultan Ternate dengan nama Sangaji Ori Ma Ahi Malamo.

Gelar yang diberikan oleh kesultanan Ternate ini menurut KASAL, tentunya membawa konsekuensi yang harus dilaksanakan.

“Mulai hari ini, saya menjadi keluarga besar kesultanan Ternate yang tentunya tidak hanya sekedar keluarga, tetapi memiliki tanggung jawab moral pada kesultanan Ternate,” ungkapnya.

Menurutnya sebagai Kepala staf angkatan laut, secara institusi dirinya juga akan ikut membawa kemajuan dan kesejahteraan Kesultanan Ternate sehingga memiliki hubungan yang erat yang nantinya akan juga diteruskan oleh para pejabat di bawahnya untuk selalu bisa bersilaturahmi berkoordinasi untuk bersama-sama memajukan negara ini.

Kata KASAL, Kedudukan Keraton Kesultanan Ternate merupakan kedudukan yang strategis karena berhadapan dengan laut yang mampuh mempertahankan nusantara, khususnya dari musuh-musuh yang masuk lewat laut.

“Waktu itu, mungkin Portugis masuk ke sini melalui laut dan pernah bertempur dengan para pahlawan Kesultanan yang dulu untuk mempertahankan nusantara sehingga wilayah yang luas, maka itu, sebagai Ori Ma Ahi Malamo tentunya memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kedaulatan wilayah nusantara,” tegasnya.

Pantauan media ini di lokasi, setelah menerima gelar dari kesultanan Ternate, KASAL Yudo Margono juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung mahkota Sultan Ternate yang tersimpan didalam kamar puji keraton kesultanan Ternate.

ILON HI.M Marsaoly
 Advertisement Here
 Advertisement Here

Berita Utama

https://www.fbipost.net/search?q=pileg

Berita Pilihan

ShowBiz

Bisnis

Asian Games 2018

Topik Populer

CPNS 2018

FBIPOST

FBIPOST
FBIPOST

Menu Bawah

Advertisement

 Advertisement Here

Populer

Follow Us