LAGI! KALBAR RAIH PRESTASI NASIONAL, JUARA 2 LITERASI DIGITAL



PONTIANAK – FBIPOST 

Setelah dinobatkan sebagai Peringkat 2 Terbaik Nasional SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), Kalbar kembali raih prestasi nasional sebagai Peringkat 2 Terbaik Literasi Digital dengan capaian 3,64 poin, tidak berbeda dengan nilai Provinsi DIY yang berada pada peringkat 1. Hal tersebut sesuai rilis Dirjen Aplikasi Informatika pada Peluncuran Status Literasi Digital Indonesia, di Jakarta, 2/02/2023. Hal ini tak terlepas dari tingginya komitmen Pemprov Kalbar melalui kebijakan dan program pembangunan digital.

Pada tahun sebelumnya, berdasarkan hasil Survey Indeks Digital, Kalbar masih berada di peringkat 8. Namun, pada Tahun 2022 telah terjadi peningkatan yang siginifikan, khususnya terkait pembinaan oleh Kementerian Kominfo dan Pemprov Kalbar serta Pemerintah Kabupaten/ Kota terkait literasi digital di masyarakat.

Diketahui, dalam pengukuran indeks literasi digital Indonesia ini, Kementerian Kominfo menggunakan empat pilar, yaitu kecakapan digital (digital skills), etika digital (digital ethics), keamanan digital (digital safety), dan budaya digital (digital culture).

Dari empat pilar, terdapat tiga pilar yang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yakni pilar digital skill (dari 3,44 menjadi 3,52), pilar digital ethics (3,53 menjadi 3,68), dan pilar digital safety (3,10 menjadi 3,12). Sementara itu pilar digital culture mengalami penurunan dari 3,90 menjadi 3,84.

Adapun, survei indeks literasi digital Indonesia ini dilakukan secara tatap muka terhadap 10 ribu responden itu pakai metode multistage random sampling pada bulan Agustus sampai September yang disebar di 34 provinsi mencakup 514 kabupaten / kota.

Hasil pemetaan literasi digital Indonesia merupakan penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan tingkat kecakapan dan pengetahuan digital, sekaligus memberikan gambaran kondisi dan peluang di setiap wilayah Tanah Air.

Diharapkan, dengan naiknya peringkat literasi digital masyarakat Kalimantan Barat ini juga menjadi peluang dan sekaligus tantangan untuk lebih memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih cerdas dan memberikan ruang digital positif dalam kehidupan sehari-hari.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here

Berita Utama

https://www.fbipost.net/search?q=pileg

Berita Pilihan

ShowBiz

Bisnis

Asian Games 2018

Topik Populer

CPNS 2018

FBIPOST

FBIPOST
FBIPOST

Menu Bawah

Advertisement

 Advertisement Here

Populer

Follow Us